Jika Teman Ingin Menambahkan Search Engine Google Seperti Di Bawah Ini Klik di Sini


Search Engine Google
Loading

Tuesday, May 29, 2012

Cara Menggunakan Step Sequencer FL Studio 10

Hai sobat, sudah sebulan tidak menulis di blog, apa kabar hari ini? pasti baik ya? kemarin saya sudah pernah menulis tentang Pengenalan FL Studio 10 dan untuk postingan kali ini saya mau mencoba untuk menulis langkah pertama dalam menggunakan FL Studio 10 yakni Cara Menggunakan Step Sequencer FL Studio 10. dan tidak usah panjang lebar lagi mari kita langsung menuju ke TKP.

Mungkin bagi yang sudah mahir menggunakan FL Studio yang namanya Step Sequencer ini sudah tidak lazim lagi, tapi bagaimana dengan yang baru mau menggunakan FL Studio ini? itu merupakan tanda tanya. Step Sequencer itu adalah tempat kita untuk membuat Pattern-Pattern dari FL Studio 10 itu Sendiri, nah apa itu Pattern? Pattern jika di translate ke dalam bahasa indonesia adalah Pola, nah apa itu pola? pola dalam hal ini adalah suatu potongan dari sample musik yang akan kita buat, mulai dari suara bass, drum, keyboard dan lain-lain sebagainya, yang seperti  kita ketahui bersama dalam sebuah lagu akan ada gabungan suara dari beberapa alat musik sehingga untuk membuat sebuah lagu yang pertama kita butuhkan adalah step sequencer, karena di situlah kita akan menempatkan Alat musik digital serta nada-nada ke dalam alat musik digital tersebut. Dari penjelasan di atas muda-mudahan sudah dapat di mengerti ya! tapi kalau masih belum dimengerti, nanti berikan komentarnya, agar kita dapat saling melengkapi.

Langkah-langkah menggunakan step sequencer

#1. Jalankan FL Studio 10 milik sobat.
#2. Klik File >> New From Template >> Minimal >> Empty
#3. Jika sudah lihat pada Step Sequencer, dalam step sequencer jika kita mengarahkan krusor mouse kita ke beberapa bagian step sequencer, kita akan melihat tulisan pada bagian bawah menu bar FL Studio 10, jika ada yang tidak di mengerti nanti berikan komentarnya.
#4. Untuk membuat sebuah lagu atau instrument kita membutuhkan sampler alat musik digital, dalam hal ini tergantung pada sobat, sampler apa yang ingin sobat buat pertama. nah untuk memahami hal ini, saya ingin memberikan contoh mengisi alat musik digital, mengisi nada, dan membuat pattern dari pada Alat musik Digital yakni Guitar Bass, kuti tahap berikutnya.
#5. Untuk mengisi alat musik digital dalam contoh saat ini yakni Guitar Bass, caranya klik kanan pada sampler >> Replace / Insert >> BooBass, kalau sudah alat musik digital tersebut sudah masuk pada step sequencer tinggal langkah selanjutnya yakni mengisi nada pada alat musik tersebut untuk di buat samplernya.
#6. Untuk membuat pattern bass kita dapat mengubah nama pattern 1 pada bagian atas step sequencer dengan nama yang kita inginkan agar kita tidak lupa nama pattern daripada sampler yang telah kita buat, seperti dalam sebuah lagu pasti ada intro-nya jadi untuk sampler bass pertama ini saya akan mengganti nama Pattern-nya dengan Bass Intro. langkahnya Klik pada anak panah kecil pada tulisan pattern 1 >> Rename / color (F2) >> Ketik Bass Intro, nah sekarang tulisan pattern 1 berubah menjadi Bass Intro.
#7. Untuk memasukan nada ke dalam Alat musik digital tersebut agar menjadi lebih real atau nyata klik kanan pada boobass >> send to piano roll. jika sudah Ikuti Video Tutorial Yang Telah Saya Buat Di Bawah ini.


Nah setelah mengikuti beberapa langkah dan menonton video tutorial yang telah saya kasih, walaupun agak ga jelas gitu!?!, muda-mudahan sudah dapat memahami ya. tapi kalau belum berikan komentarnya. agar kita dapat saling melengkapi. atau tambahkan saya menjadi teman anda di Facebook Or Follow My Twitter

So akhir kata sampai ketemu di tutorial FL Studio 10 Berikutnya, dan selamat berkarya. ^_^


No comments:

Post a Comment

Jika Sobat Merasa Isi Postingan Dalam Blog Ini Masih Ada Kekurangan, Atau Hal-Hal Yang Ingin Diperjelas Silahkan Berikan Sedikit Komentar Sobat, Demi Kemajuan Blog Ini Dan Demi Kenyamanan Sobat Sekalian.